Tuesday, March 27, 2012

Hidup sehat dengan rempah

Seminggu di Bali dan menemukan berbagai macam produk kesehatan herbal, alami, dan organik, membuat saya tertarik menemukan informasi tentang khasiat rempah-rempah yang biasa kita gunakan untuk memasak. 


Adas 
Tumbuhan ini amat bermanfaat mulai dari daun, buah, akar hingga minyaknya. Berguna untuk rematik, sesak nafas, batuk, mual, muntah, insomia, nyeri haid, hernia, keputihan, menambah nafsu makan.


Cengkeh 
Dengan aroma dan rasanya yang khas dan hangat, cengkeh memberikan aroma yang istimewa untuk makanan dan minuman. Sebagai obat, cengkeh dapat menyembuhkan sakit kepala, perut kembung, masuk angin, asam urat tinggi, nyeri saat haid, lemah syahwat dan masih banyak lagi.



Jahe 
Rasanya yang hangat dan pedas memiliki segudang manfaat. Misalnya, memperlancar buang angin, penyegar, stimulan, melancarkan sirkulasi darah, peluruh keringat, antiseptic, anti radang, meredakan batuk dan peluruh dahak.

 

Kapulaga (Cardamom) 
Berkhasiat untuk menghilangkan bau mulut, demam, pegal linu, hernia, sakit perut, dan lain lain.

 

Kayu manis 
Tumbuhan ini berkhasiat juga untuk menyembuhkan diabetes, selain itu kayu manis juga terkenal berkhasiat untuk radang lambung, menambah nafsu makan, sariawan, sakit kepala, sembelit, batuk, masuk angin, dan banyak lagi.



Bawang putih 
Selain bisa ditambahkan ke semua hidangan, manfaatnya bagi kesehatan juga amat luas seperti memiliki efek antibiotic, antiseptic, mermbersihkan racun, membunuh parasit, melancarkan peredaran darah, merangsang kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. Berguna juga untuk kolesterol, hipertensi, kencing manis, bermacam jenis kanker dan radang, asma, disentri, wasir dan lain-lain.




Cabe 
Si pedas yang satu ini memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan, meluruhkan keringat, air liur dan air seni, meredakan demam, sakit kepala, influenza, dan sebagainya.



Merica 
Berkhasiat untuk menghangatkan badan, peluruh keringat, mempermudah buang angin, penyegar, antiseptic pada saluran pencernaan, anti bakteri, aprodisiak, mencegah rematik dan mengurangi resiko osteoporosis.


Seledri 
Selain digunakan untuk hiasan hidangan, taburan seledri cincang ini dapat juga memperlezat beragam macam hidangan. Seledri mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, merangsang pusat otak, diuretic alami, menenangkan system pusat syaraf.


Kunyit (Turmeric) 
Selain memberikan warna pada masakan, bumbu yang satu ini dapat melancarkan peredaran darah dan vitalitas, anti koagulan, peluruh haid, anti radang, mempermudah persalinan, mempermudah buang gas, astringent, menurunkan panas, anti bakteri dan banyak lagi.

 

Pala (Nutmeg) 
Berguna untuk gangguan pencernaan, insomia, mual dan muntah, lemah sahwat, kudis, sakit kepala, rematik, jantung berdebar-debar, sariawan, dan sebagainya.

 

Sereh (Lemongrass) 
Rasanya yang pedas dan hangat berkhasiat anti radang, peluruh haid, dan keringat, analgesic, melancarkan sirkulasi darah, vertigo, migren, keputihan, benjolan di payudara, batuk, nyeri syaraf dan masih banyak lagi.



Teman saya pernah membuatkan campuran jahe, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh yang diseduh dengan air panas. Efek panas yang dihasilkan minuman ini cukup berkhasiat untuk meredakan pilek yang sedang saya derita saat itu. Dan sepertinya, minuman inipun cocok bila dikonsumsi sehari-hari.

No comments:

Post a Comment