Thursday, April 12, 2012

Berani berubah dan berjuang

Harus diakui, bisnis Oriflame bersama DBC Network merupakan tonggak awal saya untuk berani berubah dan berjuang di tahun 2012 ini. Saat saya lulus kuliah beberapa bulan lalu, yang saya pikirkan hanya mencari pekerjaan sesuai dengan ilmu yang saya dapatkan, ngantor tiap hari dan menerima gaji tiap akhir bulan.

Tapi ternyata, harapan tidak sesuai kenyataan. Namun kesempatan lain justru datang. Dan sayapun memberanikan untuk berubah dan melakukan hal-hal yang 'out of the box' alias yang tidak pernah saya pikirkan sebelumnya. Saya ikut dalam bisnis MLM Oriflame, menjual produk kecantikan Bali Ratih, menjadi penjaga pameran arsitektur, serta berkontribusi untuk blog Neng Koala (khusus bagi mahasiswi yang pernah sekolah di luar negeri). Semua tidak pernah saya lakukan sebelumnya. Khusus untuk penulisan blog, sebenarnya sudah pernah saya lakukan tapi blog saya tidak pernah dipublish untuk skala audience yang luas.

Kenapa saya mau berubah? Karena setelah membaca buku "Mimpi Sejuta Dolar" mengenai perjuangan seorang Merry Riana, dari mahasiswi pas-pasan hingga menjadi financial planner berpenghasilan satu juta dolar di usianya yang baru 26 tahun, saya merasa sudah terlalu banyak hal yang belum pernah saya lakukan di usia saya yang menjelang 34 tahun ini. Banyak hal yang terlalu takut saya lakukan sehingga tidak ada perubahan signifikan dalam hidup saya.

Merry meyakinkan saya bahwa it's okay to have big dreams, and it's necessary to fight for your dreams. Kerja keras, strategi, keyakinan, dan doa dibutuhkan dalam tiap pilihan dan pekerjaan yang kita lakukan. Sekecil apapun peluang yang kita dapatkan, kalau kita bekerja keras dan berdoa, pasti akan ada kesempatan besar yang mengikutinya.

Dan satu hal lagi yang saya yakini, networking itu luar biasa pentingnya. Bukan hanya untuk MLM, tapi hampir untuk semua aspek dalam hidup kita. Bayangkan kalau dalam hidup, kita hanya bergaul dengan orang-orang yang sama dan dengan pola pikir yang serupa. Akan sulit bagi kita untuk belajar hal baru dan mengembangkan pola pikir kita.

Oleh sebab itu, saya berani mengambil kesimpulan dan tindakan untuk berani berubah, berani berjuang, dan berani mengambil kesempatan sesegera mungkin. Karena kalau kita tunda-tunda terus, kesempatan kita untuk menikmati berbagai warna kehidupan akan semakin berkurang.

No comments:

Post a Comment